Biologi Sel

Standard

BIOLOGI SEL

Sel merupakan unit terkecil dari makhluk hidup, baik secara structural maupun fungsional. Sel terdiri atas membrane plasma, sitoplasma, nucleus dan organel-organel lain yang masing-masing mempunyai fungsi khusus :

1.      Teori sel

  1. Scheleiden dan Schwan ; Sel merupakan unit structural makhluk hidup.
  2. Max Schultze ;Sel merupakan unit fungsional dari kehidupan.
  3. Rudolf Virchow ; Sel merupakan unit pertumbuhan, konsepnya yang terkenal adalah omnis cellula cellula, semua sel berasal dari sel.

2.      Struktur dan Fungsi Bagian-Bagian Sel

  1. Membrane tersusun oleh lipopatrein dan glikoprotein. Membrane sel berfungsi untuk mengatur pertukaran zat, sebagai pelindung, tempat menerima rangsangan, tempat pengenalan reaksi kimia.
  2. Nucleus disusun oleh membrane selaput nucleus yang terdiri dari dua lapis, memiliki pori, di dalamnua terdapat nukleoplasma, kromosom, dan nucleus. Fungsi nucleus adalah sebagai tempat pengendalian aktivits sel, tempat DNA yang berfungsi sebagai factor keturunan.
  3. Reticulum endoplasma strukturnya berupa system yang berliku-liku, ada dua macam RE (Retikulum endoplasma kasar yang terdapat kromosom di dalamnya dan reticulum endoplasma halus yang tidak memiliki kromosom). Fungsi RE adalah untuk tempat sintesis dan transportasi berbagai macam zat kimia, melalui sisterna, RE kasar mentransportasikan protein, RE halus mentransportasikan lipid dan senyawa steroid.
  4. Kompleks golgi strukturnya  merupakan kantong yang berbentuk pipih yang disebut sisterna, susunannya seperti jala, pada tumbuhan disebut diktiosom,  mengandung zigomen (enzim yang belum aktif).
  5. Fungsi kompleks golgi adalah untuk menarik makromolekul yang kaya karbohidrat, pembentuk lisosom, penyusun bahan-bahan pembentuk dinding sel pada tumbuhan.
  6. Ribosom tersusun oleh RNA protein, terdiri dari dua unit,\ yaitu sub unit besar da sub unit kecil. Fungsinya adalah sebagai tempat berlangsungnya sintesa protein.
  7. Mitokondria strukturnya memiliki dua lapis membrane, terdapat DNA didalamnya terdapat bayak ruang-ruang yang dipisahkan Krista, pada ruang didalamnya terdapat berbagai macam enzim untuk respirasi pada daur kreb’s. fungsi mitokondria adalah sebagai tempat respirasi aerob.
  8. Lisosom strukturnya memiliki satu lapis membrane, emngandung enzim pencerna hidrolitik. Fungsi lisosom adalah untuk mencerna bahan-bahan dari luar sel (heterofagi) dan bahan yang tidak terpakai dari dlam sel (autofagi).
  9. Badan mikro strukturnya selaput membrane satu lapis, terdapat enzim di dalamnya (Khasanah, dkk,2004 : 140-141).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s